Pages

Kamis, 28 Februari 2013

Sang Pencipta Adobe Photoshop

Nama aplikasi pengolah grafis yang paling fenomenal, Adobe Photoshop, mungkin sangat familiar bagi kita gan. Tapi siapakah yang tahu mengenai nama-nama di balik penciptaannya?


Bisa dibilang, hampir seluruh orang kreatif di dunia menggunakan Adobe Photoshop. Namun sayangnya banyak yang tidak mengenal sang founder, Thomas Knoll dan John Knoll. Wajar memang, mengingat sejak debut peluncurannya pada awal tahun 1990, baru saat inilah nama mereka muncul di beberapa buku-buku desain, buku-buku award, atau majalah tahunan desain grafis. Aplikasi yang diciptakannya (Adobe Photoshop, red) telah banyak merubah attitude dan proses kreasi desainer. Mulai dari penggunaan untuk manipulasi foto hingga aplikasi manipulasi film.




Korbankan study demi photoshop
Semua bermula pada tahun 1987 saat Thomas Knoll, seorang kandidat doktor di Universitas Michigan, Amerika Serikat (AS), membeli ‘Apple Mac Plus’ terbaru untuk mendukung pengerjaan thesisnya. Ia pun terkejut ketika komputer yang dibelinya itu tak mampu menampilkan gambar berwarna grayscale yang berkualitas pada monitor monokrom. Lalu dengan gaya seorang hacker, Thomas memberanikan diri membuat kode sendiri untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Dibantu adiknya, John Knoll, Thomas pun siap beraksi. Pengalaman dalam meraih Piala Oscar tahun 1989 (kategori efek visual terbaik dalam film ‘The Abyss’), serta partisipasinya dalam film ‘Star Wars’ dan ‘Star Trek’, meyakinkan Thomas untuk mampu merubah komputernya. Ia yakin bahwa software yang sedang dibuat itu mirip sekali dengan yang digunakan di ILM (Industrial Light & Magic), tempat John bekerja. Sejak itulah Thomas mulai serius mengembangkan software image pertamanya, yang kemudian lahir dengan nama “Display”.

Untuk lebih serius menggarap program tersebut, Thomas mengambil cuti studi 6 bulan dan mengajak John bekerjasama untuk menjual aplikasi ini secara lebih profesional. Dalam perkembangannya, mereka menjumpai berbagai tantangan berliku. Salah satu yang menyakitkan adalah ketika karya mereka dianggap tidak menjual. Namun, knoll bersaudara tak patah arang. Mereka bahkan berhasil mengembangkan suatu metode inovatif yang belakangan dikenal sebagai ‘plug-ins’. Tepatnya sebuah fitur untuk menyelaraskan ‘tones’, ‘hue & saturation’, serta beberapa kontrol keseimbangan gambar lainnya.



Lahirnya Debut Adobe Photoshop
Saat pengembangan “Display” menjadi semakin baik, hasilnya pun muncul dengan nama “ImagePro”. Baru pada tahun 1988, perusahaan scanner BarneyScan tertarik untuk membelinya sebagai software bawaan scanner. Nah, saat itulah nama Photoshop lahir. Tapi sayang, Photoshop muda ini hanya dibuat 200 copy saja sehingga belum dikenal masyarakat luas. Tak ingin berpuas hati, mereka lalu mencoba mencari peruntungan di kawasan industri terkenal, ‘Silicon Valley’.

Selangkah demi selangkah, keberuntungan pun mulai berpihak. Mereka berhasil mendemonstrasikan keunggulan program Photoshop kepada Apple Computer Inc dan Adobe. Alhasil, pihak Adobe kepincut dan langsung membeli lisensi program itu. Kemudian pihak Adobe sepakat untuk merilis Adobe Photoshop 1.0 pada bulan Februari 1990. Program itu berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) yang hanya bisa dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh.

Merambah ke Windows
Setelah itu Adobe Photoshop mulai mencatat sejarah hingga menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi. Next, Adobe Photoshop 2.0 dirilis pada Juni 1991 yang lagi-lagi hanya bisa dioperasikan di bawah platform Macintosh. Seiring dengan perkembangannya, Windows dinilai mulai mendominasi pasar komputer. Maka pada tahun 1992 diluncurkanlah Adobe Photoshop Versi 2.5, yang pertama kalinya bisa dioperasikan ke Windows.

Pada November 1993, kembali diluncurkan versi 2.5.1 namun kali ini Windows tidak diikutsertakan. Baru pada Versi 3.0 di tahun 1994 diluncurkan kembali untuk Macintosh & Windows. Begitu pula dengan versi 4.0 (1996), versi 4.0.1 (1997), versi 5.0 (1998), versi 5.0.1 (1999), versi 5.5 (1999), versi 6.0 (2000), versi 6.0.1 (2001), versi 7 (2002), versi 7.0.1 (2002). versi 8.0/CS (2003), kemudian disusul dengan CS 2 (2005), CS 3 (2007), CS 4 (2008), dan yang terbaru adalah CS5 (2010).

Saat ini Thomas dan John Knoll bekerja di Adobe. Kalau diperhatikan, nama mereka selalu terpampang saat kita membuka aplikasi software Adobe Photoshop. Sambil terus mengembangkan Photoshop, John masih disibukan dengan profesinya sebagai Visual Effect Supervisor di ILM. Beberapa film science fiction terkenal yang pernah ditangani John antara lain

2009 Avatar
2009 Harry Potter and the Half-Blood Prince
2009 Confessions of a Shopaholic
2008 Speed Racer
2007 Pirates of the Caribbean: At World's End
2006 Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest
2005 Star Wars Episode III: Revenge of the Sith
2003 Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl
2002 Star Wars Episode II: Attack of the Clones
2000 Mission to Mars
1999 Deep Blue Sea
1999 Star Wars Episode I: The Phantom Menace
1996 Star Trek: First Contact
1996 Mission: Impossible
1994 Star Trek Generations
1994 Baby's Day Out
1991 Hudson Hawk
1991 Hook
1990 The Hunt for Red October
1989 The Abyss
1988 Willow
1987 Innerspace
1987 Empire of the Sun
1987 Star Trek: The Next Generation
1986 Star Trek IV: The Voyage Home
1986 Captain EO



http://ananda-syaifullah.blogspot.com/2011/10/sang-pencipta-adobe-photoshop.html 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4363482  

ALUR PRE PRODUKSI MULTIMEDIA

CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP
1.  Title Goals / Tujuan
Sesuatu yang dirumuskan dengan jelas dan pada rumusan tujuan perlu dirumuskan tujuan umum yang ingin dicapai oleh sasaran setelah mengikuti program yang akan di buat.
2.  Audience / Pemirsa (target audience)
Target Audience yang menjadi sasaran utama program yang akan di uat. Dalam pelaksanaannya ( perencanaannya) perlu di tuliskan secara jelas untuk siapa, misalnya untuk siswa SLTP, atau untuk siswa sekolah dasar.
3.  Title Genre  /Aliran / Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkan dalam suatu program yang akan dibuat, misalnya :dalam pembuatan suatu film, si film tersebut mengambil genre horror.
4.  Marketing requirement / syarat pemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuh untuk nantinya memasarkan program yang akan di buat.
5.  Budget Parameter / Parameter anggaran pembiayaan
Perencanaan anggaran keuangan ( pembiayaan ) yang di persiapkan untuk pembuatan suatu program.
6.  Schedule Requirement / Syarat yang ditempuh dalam daftar
Syarat – syarat perencanaan ( prosedur perencanaan ) yang harus dipersiapkan untuk membuat suatu program.
DESIGN / Model / Pola
1.   Story / conten / Servicw( Cerita / Isi / Pelayanan )
Isi kandungan dalam cerita yang dibuat pola untuk pemrosesan suatu program.
Pelayanan apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu program yang di buat.
2.  Information Architectur( Arsitektur / Perencanaan Informasi )
Perancangan informasi suatu program agar diketahui halayak akan sebuah program yang akan di buat.
3.  Visual and Sound ( Yangdapat di lihatdansuara )
Tampilan antara kualitas visual/gambar dan suara yang akan ditampilkan dalam suatu program.
4.  Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu program.
5.  Interaction / timbal balik
6.  Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang dapat memberikan arah atau minat kita.
PRODUCTION PLAN / PerencanaanProduksi
1.  Storyboard / conten outline
Rangkaian kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan dalam perangkat gambar atau sketsa sederhana pasca kartu (dalam pra produksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari budget parameter
3. Scheduling/ pembuatanjadwal
Pembuatan jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan produksi suatu program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset yang kita miliki yang di atur oleh seorang manager  ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji baik media atau pihak yang akan digunakan/ masuk dalam suatu program produksi.
6. Staffing/susunan kepegawaian
Susunan kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian yang akan terlibat dalam proses pembuatan suatu program.
DOCUMENTATION / DOKUMENTASI
1.   Design / pola/ model
Model apa /gaya apa yang nantinya akan ditampilkan jika suatu program telah dibuat atau di produksi.
2.  Production Plan / Perencanaan Produksi
Perencanaan-perencanaan apa saja yang tahap demi tahapnya akan dilalui yang nantinya dalam pencapaian suatu program/produksi yang akan di hasilkan.
ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM PASANGAN
1.   Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang merencanakan perancangan sebuah mutu untuk hasil produksi. Dalam designer ini diantaranya ada yang dikenal dengan costum designer yaitu seseorang bertugas membuat atau memilih dan tata kostum
2.  Produser
Seorang penyandang dana dalam sebuah film.
3.  Technical designer / perancangteknik
Seorang yang berperan dalam penyelarasan kostum, waktu yang tertuang dalam suasana produksi (waktu sekarang / jaman lampau), karakteristik aktor dengan cerita yang telah dipilih dan penata teknik produksi dalam pengambilan gambar untuk iklan/film.
4.  Art Director / sutradara Seni
Seorang asisten sutradara pembuatan produksi yang memperhatikan administrasi, hal yang penting sehingga departemen produksis elalu mengetahui perkembangan terbaru proses pengambilan hasil produksi. Ia bertanggung jawab akan kehadiran actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan instruksi sutradara. Atau bias juga disebut sebagai pengarah artistic dari sebuah produksi.
5.  Audio Producer / Produser Suara
Pihak yang sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan suaradara berbagai macam jenis dan bentuk suara.
6.  Writer and Editor / Penulis dan Pengedit/Redaktur
Writer adalah seorang yang bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan suatu program produksi yang akan di buat.
Editor adalah seseorang yang bertugas melakukan editing pada hasil pengambilan gambar dalam produksi atau sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahli pemotongan gambar video dan audio.
7.  Graphis artist / garfik artis
Seseorang yang merancang dan mencetak
8.  Cameramen / kameramen
Bertugas mengambil gambil atau mengoperasikan kamera saat shooting pembuatan program produksi.
9.  Programmers/programmer
Pihak yang bertugas menyusun pemrograman suatu program yang akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians (perubah/pengatursuara/pemain music)
Sebutan bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahliisi
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan content/isi yang akan di tampilkan dalam suatu program yang nantinya akan di produksi.
12. Technical assistant / asisten teknik
Seorang pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu program baik dari teknik pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asisten produksi
Seseorang yang mempunyai jabatan di dalam pembuatan film dan televise dan seseorang yang bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer  (advokat/pengacara)
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang hukum, khusus dalam hal ini pengacara bertugas sebagai seseorang yang member bantuan hukum, apabila suatu saat ada masalah dengan hal  produksi.
BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI
1. Test out design direction
2.  Prove our new technology component
Dalam hal ini nantinya ada pembuktian dari pihak-pihak pembuat suatu program bahwa akan memunculkan suatu inovasi dan teknologi baru kepada halayak untuk dapat  dinikmati.
3.   Brainstorming /pengungkapan pendapat
Hak para pihak-pihak untuk mengajukan usulan-usulan apa yang nantinya dituangkan untuk membangun sebuah program / menentukan ide program.
CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua segala sesuatu kebenarannya gamblang, yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam proses pra produksi dari mulai concept definition sampai building prototype (isi dari poin-poinnya). Suatu produk baru harus memiliki hak cipta agar tidak dibajak oleh orang lain dan untuk membuktikan kepemilikan suatu produk.
CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan kontrak dan pembiayaan
Proses Production
1.   Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi, jadi semua ciptaan kreasi isi yang ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2.  Graphics / grafik
Adalah garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang dibina dengan program melukis
3.  Teks / tek
Kombinasi dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata atau ayat yang perkataan itu menerangkan atau membincangkan suatu topic dan topic itu di kenak dengan informasiteks.
4.  Animations / animasi
Adalah paparan urutan lakaran yang di setiap satunya terdapat sedikit perbedaan yang menghasilkan satu pergerakan secara berterusan.
5.  Video
Adalah media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar yang memberikan ilusi, gambaran, serta fantasi kepada gambar yang bergerak.
6.  Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakan teknik kamera yang membuat ilusi pada pikiran penonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik rear-screens projections ataug ambar yang berada yang berada di belakang actor, objek miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi yang membuat makhluk terlihat realistis.
7.  Sound effect
Merupakan suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar baik  waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau peristiwa.
8.  Music
Perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi.

http://jrakahpayung.blogspot.com/2013/01/alur-pr-produksi-multimedia.html 

APA ITU MULTIMEDIA

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Definisi Multimedia menurut beberapa ahli

  1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
  2. McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
  3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
  4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
  5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
  1. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • Media teks/tulisan
    • Media audio/suara
    • Media video
    • Media animasi
    • Media gambar
    • Media Interaktif
    • Media spesial effect

  2.  Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • TV
    • Radio
    • Film
    • Media Cetak
    • Musik
    • Game
    • Entertainment
    • Tutorial
    • Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

Elemen Multimedia

Menurut Hofstetter (2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
  1. Teks
    Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
    merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
  2. Grafik (image)
    Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
  3. Audio
    Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
    Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
    1. WAVE
      Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
    2. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
      MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
  4. Video
    Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
    emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
  5. Animasi
    Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
    Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup
    semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.

http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html

About Me

Foto Saya
fitri rahmadaniati
Lihat profil lengkapku

Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Kunjungi STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Kunjungi STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Blogroll

Blogger templates

Blogger templates

Blogger templates

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Translate

Sigueme en Twitter