Kamis, 28 Februari 2013
ALUR PRE PRODUKSI MULTIMEDIA
20.27 |
Diposting oleh
fitri rahmadaniati |
Edit Entri
CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP
1. Title Goals / Tujuan
Sesuatu yang
dirumuskan dengan jelas dan pada rumusan tujuan perlu dirumuskan tujuan umum yang
ingin dicapai oleh sasaran setelah mengikuti program yang akan di buat.
2. Audience / Pemirsa (target
audience)
Target Audience yang menjadi sasaran utama program yang akan
di uat. Dalam pelaksanaannya ( perencanaannya) perlu di
tuliskan secara jelas untuk siapa, misalnya untuk siswa SLTP,
atau untuk siswa sekolah dasar.
3. Title Genre /Aliran /
Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkan dalam suatu program yang
akan dibuat, misalnya :dalam pembuatan suatu film, si film tersebut mengambil genre
horror.
4. Marketing requirement /
syarat pemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuh untuk nantinya memasarkan
program yang akan di buat.
5. Budget Parameter /
Parameter anggaran pembiayaan
Perencanaan anggaran keuangan ( pembiayaan ) yang di
persiapkan untuk pembuatan suatu program.
6. Schedule Requirement /
Syarat yang ditempuh dalam daftar
Syarat – syarat perencanaan ( prosedur perencanaan ) yang
harus dipersiapkan untuk membuat suatu program.
DESIGN / Model / Pola
1. Story / conten / Servicw( Cerita / Isi /
Pelayanan )
Isi kandungan dalam cerita yang dibuat pola untuk pemrosesan suatu
program.
Pelayanan apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu program
yang di buat.
2. Information Architectur( Arsitektur /
Perencanaan Informasi )
Perancangan informasi suatu program agar
diketahui halayak akan sebuah program yang akan di buat.
3. Visual and Sound ( Yangdapat di lihatdansuara )
Tampilan antara kualitas visual/gambar dan suara yang
akan ditampilkan dalam suatu program.
4. Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu
program.
5. Interaction / timbal balik
6. Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang
dapat memberikan arah atau minat kita.
PRODUCTION PLAN / PerencanaanProduksi
1. Storyboard / conten outline
Rangkaian kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan dalam perangkat gambar atau sketsa sederhana pasca kartu
(dalam pra produksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari
budget parameter
3. Scheduling/ pembuatanjadwal
Pembuatan jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan produksi suatu
program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset yang kita miliki yang di
atur oleh seorang manager ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji baik media atau pihak yang akan digunakan/ masuk dalam suatu
program produksi.
6. Staffing/susunan kepegawaian
Susunan kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian yang akan terlibat dalam
proses pembuatan suatu program.
DOCUMENTATION / DOKUMENTASI
1. Design / pola/ model
Model apa /gaya apa yang nantinya akan ditampilkan jika suatu
program telah dibuat atau di produksi.
2. Production Plan / Perencanaan Produksi
Perencanaan-perencanaan apa saja yang tahap demi
tahapnya akan dilalui yang nantinya dalam pencapaian suatu program/produksi yang
akan di hasilkan.
ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM PASANGAN
1. Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang
merencanakan perancangan sebuah mutu untuk hasil produksi. Dalam designer
ini diantaranya ada yang dikenal dengan costum designer
yaitu seseorang bertugas membuat atau memilih dan tata kostum
2. Produser
Seorang penyandang dana dalam sebuah film.
3. Technical designer / perancangteknik
Seorang yang berperan dalam penyelarasan kostum, waktu yang
tertuang dalam suasana produksi (waktu sekarang / jaman lampau),
karakteristik aktor dengan cerita yang
telah dipilih dan penata teknik produksi dalam pengambilan gambar untuk iklan/film.
4. Art Director / sutradara Seni
Seorang asisten sutradara pembuatan produksi yang
memperhatikan administrasi, hal yang
penting sehingga departemen produksis elalu mengetahui perkembangan terbaru proses
pengambilan hasil produksi. Ia bertanggung jawab akan kehadiran
actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan instruksi sutradara. Atau bias juga disebut sebagai pengarah artistic
dari sebuah produksi.
5. Audio Producer / Produser Suara
Pihak yang
sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan suaradara berbagai macam jenis dan bentuk suara.
6. Writer and Editor / Penulis dan Pengedit/Redaktur
Writer adalah seorang yang
bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan suatu program produksi yang akan di
buat.
Editor adalah seseorang yang bertugas melakukan editing
pada hasil pengambilan gambar dalam produksi atau sebutan bagi seseorang yang
berprofesi sebagai ahli pemotongan gambar video dan audio.
7. Graphis artist / garfik artis
Seseorang yang merancang dan mencetak
8. Cameramen / kameramen
Bertugas mengambil gambil atau mengoperasikan kamera saat shooting
pembuatan program produksi.
9. Programmers/programmer
Pihak yang bertugas menyusun pemrograman suatu program yang
akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians
(perubah/pengatursuara/pemain music)
Sebutan bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahliisi
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan
content/isi yang akan di tampilkan dalam suatu program yang nantinya akan di
produksi.
12. Technical assistant / asisten teknik
Seorang pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu program
baik dari teknik pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asisten produksi
Seseorang yang mempunyai jabatan di dalam pembuatan film dan
televise dan seseorang yang bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer (advokat/pengacara)
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang hukum,
khusus dalam hal ini pengacara bertugas sebagai seseorang yang member bantuan hukum,
apabila suatu saat ada masalah dengan hal produksi.
BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI
1. Test out design direction
2. Prove our new technology
component
Dalam hal ini nantinya ada pembuktian dari pihak-pihak pembuat suatu
program
bahwa akan memunculkan suatu inovasi dan teknologi baru kepada halayak untuk dapat dinikmati.
3. Brainstorming /pengungkapan pendapat
3. Brainstorming /pengungkapan pendapat
Hak para pihak-pihak untuk mengajukan usulan-usulan apa yang
nantinya dituangkan untuk membangun sebuah program / menentukan ide program.
CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua segala sesuatu kebenarannya gamblang,
yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam proses pra produksi dari mulai
concept definition sampai building prototype (isi dari poin-poinnya).
Suatu produk baru harus memiliki hak cipta agar tidak dibajak oleh orang lain
dan untuk membuktikan kepemilikan suatu produk.
CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan kontrak dan pembiayaan
1. Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi,
jadi semua ciptaan kreasi isi yang
ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi ciptaan yang
sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2. Graphics / grafik
Adalah garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang
dibina dengan program melukis
3. Teks / tek
Kombinasi dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata
atau ayat yang perkataan itu menerangkan atau membincangkan suatu topic dan topic itu
di kenak dengan informasiteks.
4. Animations / animasi
Adalah paparan urutan lakaran yang di
setiap satunya terdapat sedikit perbedaan yang
menghasilkan satu pergerakan secara berterusan.
5. Video
Adalah media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar
yang memberikan ilusi, gambaran, serta fantasi kepada gambar yang bergerak.
6. Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakan teknik kamera
yang membuat ilusi pada pikiran penonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik
rear-screens projections ataug ambar yang berada yang berada di belakang actor,
objek miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi yang
membuat makhluk terlihat realistis.
7. Sound effect
Merupakan suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar baik
waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau peristiwa.
8. Music
Perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang
tinggi.
http://jrakahpayung.blogspot.com/2013/01/alur-pr-produksi-multimedia.html
http://jrakahpayung.blogspot.com/2013/01/alur-pr-produksi-multimedia.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
Pages
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Blogroll
Blogger templates
Blogger templates
Blogger templates
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
Anda pernah mendengar mendengar istilah tipografi atau dalam bahasa inggris Typography? Jika anda ingin belajar desain grafis wajib menge...
-
Pengertian Multimedia Interaktif Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam...
-
CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP 1. Title Goals / Tujuan Sesuatu yang dirumuskan dengan jelas dan pada rumusan tujuan perlu diru...
-
Nama aplikasi pengolah grafis yang paling fenomenal, Adobe Photoshop, mungkin sangat familiar bagi kita gan. Tapi siapakah yang tahu meng...
-
Membuat video clip adalah salah satu hobi saya . saya pernah membuat beberapa video clip bersama dengan teman-teman kelas saya ketika saya m...
-
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan betuk jamak dari kata medium yang secara harafiah berarti perantara, dan juga media me...
-
Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini ...
-
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ( tool ) ...
-
Sekarang banyak sekali media multimedia interaktif, salah satunya adalah membuat CD interaktif. Saya pernah membuat beberapa contoh cd inter...
0 komentar:
Posting Komentar